Strategi Peningkatan Daya Saing Hotel SLIH Pada Industri Perhotelan Di Bogor
Date
2021-01-18Author
Sejati, Rohedi Waluyo
Harianto, Harianto
Sartono, Bagus
Metadata
Show full item recordAbstract
Hotel adalah Business & Leisure Hotel dengan arsitektur modern yang terletak di Sentul Bogor. Hotel ini memiliki 12 ruang pertemuan yang digunakan untuk pertemuan, insentif, konvensi dan pameran dari berbagai organisasi dan lembaga. Tidak hanya cocok untuk para pebisnis dan wisatawan, hotel ini juga cocok untuk orang yang ingin menjelajahi Sirkuit Sentul. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan daya saing bisnis perusahaan dengan memberikan alternatif strategi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, kuesioner, dan survei. Pendekatan rantai nilai digunakan untuk menganalisis lingkungan internal perusahaan, Sedangkan analisis lingkungan eksternal menggunakan pendekatan Five Forces Porter dan PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi), dan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) digunakan untuk menentukan urutan prioritas strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan utama SLIH Hotel adalah pada kualitas pelayanan dan produk yang ditawarkan, sedangkan kelemahannya adalah kurangnya par-stock linen dan belum diterapkannya sistem pemeriksaan kamar pelepasliaran selama 3 menit. Analisis faktor eksternal menghasilkan peluang kunci bagi perkembangan teknologi, sedangkan persaingan merupakan faktor utama yang mengancam perusahaan dalam industri perhotelan. Berdasarkan hasil pembobotan AHP didapatkan 7 urutan prioritas strategis dimulai dengan menjaga kualitas pelayanan dan menambah nilai pelayanan. diikuti dengan realisasi fasilitas ruangan sesuai SOP (Standard of Procedure), penyesuaian anggaran belanja perusahaan dengan kondisi perekonomian nasional, penerapan teknologi terkini untuk mempermudah sistem kerja dan distribusi produk dan jasa serta pembenahan sistem SDM terkait. hak dan kewajiban, penyesuaian rencana kerja organisasi sesuai dengan kondisi politik nasional, mengemas produk dan jasa secara unik sesuai segmen pasar dalam periode tertentu, dan undangan untuk menawar barang terbuka. Kata Kunci: Hotel, rantai nilai, SWOT, AHP penerapan teknologi terkini untuk mempermudah sistem kerja dan distribusi produk dan jasa serta pembenahan sistem SDM yang berkaitan dengan hak dan kewajiban, penyesuaian rencana kerja organisasi sesuai kondisi politik nasional, hingga mengemas produk dan jasa secara unik sesuai dengan segmen pasar dalam periode tertentu, dan undangan untuk menawar barang terbuka. Kata Kunci: Hotel, rantai nilai, SWOT, AHP penerapan teknologi terkini untuk mempermudah sistem kerja dan distribusi produk dan jasa serta pembenahan sistem SDM yang berkaitan dengan hak dan kewajiban, penyesuaian rencana kerja organisasi sesuai kondisi politik nasional, hingga mengemas produk dan jasa secara unik sesuai dengan segmen pasar dalam periode tertentu, dan undangan untuk menawar barang terbuka. Kata Kunci: Hotel, rantai nilai, SWOT, AHP
Collections
- MT - Business [484]