Strategi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Swasta
Abstract
Jumlah perguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.670 perguruan tinggi yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia (PDDIKTI, 25 november 2020). Namun berdasarkan data pada Renstra Kemendikbud tahun 2020 dinyatakan bahwa disparitas mutu pendidikan tinggi masih tinggi. Persentase Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah mahasiswa kecil dan mutu rendah mencapai 71% dari 3700 PTS.
Capaian peringkat akreditasi untuk institusi, mayoritas terakreditasi C yakni sebanyak 3287 PTS atau 70% dari 4670 PT yang ada diseluruh Indonesia baik Perguruan Tinggi Kementerian, Perguruan Tinggi Agama, Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Begitu juga untuk capaian akreditasi di Sumatera Utara, dari 222 PTS sebanyak 181 PTS atau 82% merupakan Perguruan Tinggi dengan peringkat terakreditasi C. Hanya ada 1 PTS yang terakreditasi A.
Pada tahun 2012 pemerintah menerbitkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sebagai dasar hukum pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi. Undang-Undang tersebut mengukuhkan integrasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi ke dalam sebuah sistem yakni Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM DIKTI). SPM DIKTI terdiri dari sistem penjaminan mutu internal (SPMI), sistem penjaminan mutu eksternal (SPME)/Akreditasi. SPM DIKTI bertujuan menjamin pemenuhan standar nasional pendidikan tinggi (SN DIKTI) yang diadopsi dan dikembangkan oleh perguruan tinggi secara sistematik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh budaya mutu dengan pola perilaku, pola pikir dan pola sikap dalam menjalankan proses bisnis pendidikan tinggi.
Pada tahun 2018 terjadi perubahan pada Koordinasi Perguruan Tinggi Sumatera Utara (KOPERTIS) menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). KOPERTIS melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan (Wasdalbin) dengan pengawasan yang lebih kuat. Namun sejak menjadi LLDIKTI, tugas dan fungsi lembaga ini menjadi fasilitasi peningkatan mutu pendidikan tinggi. Fasilitasi peningkatan mutu pendidikan tinggi dilakukan melalui pelatihan dan mentoring. Dengan adanya perubahan tugas dan fungsi ini, seyogyanya LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara menyusun strategi baru dalam memfasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi melalui monitoring serta evaluasi.
Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan penjaminan mutu internal PTS di LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara yang berfokus pada tahapan atau siklus SPMI sesuai Pedoman Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi tahun 2016, guna mengetahui sejauh mana penjaminan mutu telah diimplementasikan. Menganalisa faktor eksternal dan internal dalam peningkatan mutu PTS dan merumuskan strategi yang dapat dilakukan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara agar tugas dan fungsi berjalan sesuai amanat perundang-undangan dan melakukan pembinaan kepada PTS di lingkungan kerjanya. Pembinaan oleh LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara dilakukan karena saat ini PDDIKTI belum menyediakan data dan informasi sesuai dengan SN DIKTI.
Dengan menggunakan analisa cluster dan maturity level dari COBIT 4.1, penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan pelaksanaan penjaminan mutu dibentuk menjadi dua klaster. Pelaksanaan penjaminan mutu PTS di LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara berdasarkan siklus SPMI masih belum cukup baik, penetapan standar sudah dilakukan oleh 94% PTS di LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara namun pelaksanaan keseluruhan siklus SPMI masih belum sampai pada tahap Optimised (sudah menerapkan best practices). Strategi pembinaan yang dapat dilakukan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara yakni 1) peningkatan dan pengembangan sistem informasi berbasis data dalam peningkatan mutu PTS, Penguatan internal LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara dalam hal sumber daya manusia yang lebih kompeten; 2) menerapkan dan mengembangkan sistem penunjang keputusan berbasis data yang dapat memetakan mutu PTS; 3) pembimbingan dalam implementasi SPMI; dan 4) memberikan pelatihan untuk meningkatkan jumlah auditor mutu yang mumpuni.
Collections
- MT - Business [1571]