View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Fisheries
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Fisheries
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Dampak Kapal Kandas (Ship Grounding) di Terumbu Karang Berdasarkan Kategori Substrat dan Tipe Kapal di Perairan Indonesia

      Thumbnail
      View/Open
      Artikel Utama (1.238Mb)
      Cover (422.7Kb)
      Fullteks (9.477Mb)
      Lampiran (601.9Kb)
      Date
      2020-08-18
      Author
      Idris, Idris
      Zamani, Neviaty
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Indonesia sebagai negara kepulauan rentan terhadap kerusakan terumbu karang akibat kandasnya kapal dan kurang menjadi perhatian ilmuwan, pengelola, penyelam serta pelaut itu sendiri. Kandasnya kapal di terumbu karang mengakibatkan kerusakan fisik dan biologis parah, termasuk tercabut dan terhempas atau hancurnya kerangka karang, terangkat dan berpindahnya sedimen, serta hilangnya kompleksitas tiga dimensi. Sebagian besar dampak kerusakannya sangat parah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil terumbu karang terdampak, kondisi substrat dasar perairan, memetakan tipe serta tingkat kerusakan terumbu karang, jenis karang terdampak, dan mengkuantifikasi luasan areal kerusakan terumbu karang. Pengukuran luasan kerusakan menggunakan metode fishbone, sedangkan level kerusakan dan dampaknya menggunakan metode Line Intercept Transect (LIT), underwater photo transect (UPT) dan transek sabuk. Profil terumbu karang yang dominan tertubruk kapal adalah tipe gosong terumbu (patch reef) yang jarang terlihat muncul ke permukaan dan sebagian besar terjadi karena kesalahan manusia (human error). Area kerusakan yang teridentifikasi yaitu area terlindas, gundukan, hempasan, parsial dan dispersal. Terjadi perubahan substrat dasar perairan yang sangat signifikan baik oleh kapal Bulk carrier, tongkang (Barge) dan Landing Craft Tank (LCT) serta Pinisi. Kematian karang keras hidup mencapai 100% pada Total luasan kerusakan terumbu karang oleh 3 kapal tipe bulk carrier mencapai 69.564 m2 dan ditemukan 97 jenis yang terdampak. Selanjutnya total luasan kerusaka karang oleh 4 buah kapal tipe barge dan LCT mencapai luas 38.890 m2 dan ditemukan ada 109 jenis karang yang terdampak, sedangkan untuk 2 buah kapal pinisi telah merusak terumbu karang seluas 163,81m2 dengan 90 jenis karang yang terdampak.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105960
      Collections
      • MT - Fisheries [3203]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository