Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorRamos, Ivan
dc.date.accessioned2021-02-15T05:44:50Z
dc.date.available2021-02-15T05:44:50Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105922
dc.description.abstractKemajuan teknologi informasi yang canggih dapat dimanfaatkan untuk inovasi akses pelayanan publik. Hal ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kemudahan, kecepatan, keamanan dan kenyamanan dalam mengakses pelayanan publik. Dalam penelitian ini, pelayanan publik yang diteliti adalah Aplikasi Pendaftaran Antrian Pasport Online (APAPO) pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan Aplikasi Pendaftaran Antrian Pasport Online (APAPO) dengan menggunakan model DeLone dan McLean serta merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada Aplikasi Pendaftaran Antrian Pasport Online (APAPO) dalam studi kasus kantor imigrasi kelas I Non TPI Bogor. Dalam teknik penentuan sampel menggunakan convenience sampling dimana sampel adalah masyarakat yang pernah mengajukan permohonan pembuatan paspor menggunakan APAPO di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor yang diambil sebanyak 200 responden dengan pengumpulan data menggunakan kuisoner online google form, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan metode SEM. Penelitian ini juga untuk menganlisis faktor-faktor prioritas perbaikan yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dengan menggunakan metode Important-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan dan kepuasan pengguna. Kualitas layanan berpengaruh signifikan pada penggunaan dan tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan pengguna. Karakteristik pengguna berpengaruh signifikan terhadap penggunaan. Penggunaan berpengaruh signifikan pada kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap manfaat bersih. Sementara itu, faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penggunaan adalah kualitas layanan dan karakteristik pengguna. Penggunaan menjadi faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna. Penggunaan serta kepuasan pengguna menjadi faktor yang memengaruhi manfaat bersih. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan agar manfaat bersih yang diberikan dalam APAPO meningkat adalah penyediaan layanan chatbot agar dapat mengurangi waktu respon yang lama, melayani setiap pertanyaan umum dan memberikan beberapa informasi untuk menghindari kesalahan data serta informasi mengenai kuota layanan APAPO yang masih tersedia. Dari hasil analisis IPA, integrasi sistem, format keluaran dan jaminan menjadi indikator yang perlu ditingkatkan pelayanannya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kesuksesan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online Menggunakan Model DeLone dan McLean (Studi Kasus Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordAPAPOid
dc.subject.keywordIPAid
dc.subject.keywordModel Delone dan Mcleanid
dc.subject.keywordSEMid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record