Analisis Willingness to Pay Ibu Rumah Tangga Kabupaten Bogor Terhadap Daging Sapi Bersertifikat Halal
Abstract
Permintaan masyarakat Indonesia terhadap daging sapi dan olahannya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai dan faktor yang memengaruhi Willingness to Pay Ibu rumah tangga di Kabupaten Bogor terhadap daging sapi yang telah memiliki sertifikat halal. Objek penelitian ini adalah Ibu rumah tangga yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikasi halal, frekuensi pembelian, dan pendapatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan Contingent Valuation Methods. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rataan (EWTP) kesediaan konsumen terhadap daging sapi bersertifikat halal adalah sebesar Rp 15 260. Variabel pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikat halal, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya nilai Willingness to Pay daging sapi bersertifikat halal, sedangkan variabel frekuensi pembelian tidak memiliki pengaruh yang signifikan. The demand of Indonesian people for beef and its processed products has increased in specified years. This study aims to determine the value and factors that influence Wilingness to Pay for housewives in Bogor Regency towards beef that has halal certificates. The object of this research is housewifes who live in Bogor Regency. The variables used in this study are knowledge of halal meat, concern for halal certification, frequency of purchase, and income. The analysis method used in this study is multiple linear regression analysis and Contingent Valuation Methods. The results of this study indicate that the average value (EWTP) of consumers' willingness to pay for halal certified beef is IDR 15 260. Knowledge about halal meat, concern for halal certificates, and income have a positive and significant effect on the value of Willingness to Pay for halal certified beef, while the purchase frequency variable does not have a significant effect.
Collections
- UT - Syariah Economic [382]