Relasi Gender dalam Rumah Tangga UMKM Industri Olahan Makanan.
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu alternatif kegiatan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. UMKM yang dikelola rumah tangga rentan terhadap kesenjangan gender karena membaurnya manajemen rumah tangga dan manajemen usaha. Untuk itu, perlu adanya analisis pada rumah tangga UMKM mengenai relasi gender dalam rumah tangga UMKM. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan karakteristik rumah tangga dan karakteristik UMKM dengan relasi gender dalam rumah tangga UMKM serta hubungan relasi gender dalam rumah tangga UMKM dengan keberhasilan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pemilihan responden secara acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan relasi gender dalam rumah tangga UMKM mayoritas berada pada kategori kurang setara. Semakin tinggi tingkat pendidikan pelaku UMKM, tingkat pendapatan rumah tangga, jumlah tenaga kerja, modal, dan total biaya UMKM maka relasi gender dalam rumah tangga semakin setara. Relasi gender dalam rumah tangga UMKM menentukan keberhasilan UMKM.