Analisis Nilai Tambah dan Profitabilitas Produk Olahan Pala (Kasus: CV. Cielofood Pratama).
View/ Open
Date
2020Author
Budiarti, Raden Rara Arifah Mulyo
Rachmina, Dwi
dewi, Triana Gita
Metadata
Show full item recordAbstract
CV. Cielofood Pratama adalah perusahaan pertama di Kota Bogor yang memanfaatkan daging buah pala sebagai bahan baku utama produk perusahaan. Inovasi yang dilakukan adalah mengubah daging buah pala menjadi Sari Pala dan Sirup Pala sehingga dapat memberikan nilai tambah. Tujuan penelitian menganalisis nilai tambah dan profitabilitas pengolahan produk Sari Pala dan Sirup Pala CV. Cielofood Pratama. Analisis nilai tambah menggunakan Metode Hayami sedangkan analisis profitabilitas menggunakan Marginal Income Ratio (MIR) dan Marginal of Safety (MOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sari Pala menghasilkan nilai tambah sebesar Rp 62 444 per kilogram atau 58.54 persen dan Sirup Pala sebesar Rp 60 381 per kilogram atau 50.32 persen. Profitabilitas yang dihasilkan produk Sari Pala sebesar 23.79 persen dan Sirup Pala sebesar 21.95 persen. Kesimpulan: Sari Pala memiliki nilai tambah dan profitabilitas lebih tinggi dari Sirup Pala.
Collections
- UT - Agribusiness [4769]
