Posisi Daya Saing dan Spesialisasi Perdagangan Nanas Kaleng Indonesia di Pasar Internasional dan di Negara Tujuan Ekspor
Abstract
Indonesia merupakan negara eksportir nanas kaleng terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Filipina. Pertumbuhan volume ekspor nanas kaleng Indonesia cenderung meningkat dengan laju sebesar 2 persen per tahun, sedangkan pertumbuhan nilai ekspornya cenderung menurun dengan laju sebesar 1.27 persen per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi daya saing dan spesialisasi perdagangan nanas kaleng Indonesia di pasar internasional dan di negara tujuan ekspor utama. Periode dalam penelitian ini yaitu tahun 2014 sampai tahun 2018 dengan menggunakan metode analisis RCA, EPD, dan ISP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanas kaleng Indonesia memiliki keunggulan komparatif di negara tujuan ekspor utama dan di pasar internasional, juga memiliki keunggulan kompetitif di beberapa negara tujuan ekspor utama dan di pasar Internasional. Nanas kaleng Indonesia cenderung sebagai negara pengekspor (suplai domestik lebih besar dari permintaan domestik) dan berperan sebagai negara net exporter. Tingkat pertumbuhan nanas kaleng Indonesia di enam negara tujuan ekspor utama berada pada tahap pematangan dalam perdagangan dunia.
Collections
- UT - Agribusiness [4258]