Show simple item record

dc.contributor.advisorIsmail, Ahyar
dc.contributor.advisorPramudita, Danang
dc.contributor.authorArsyad, Zaid Mochammad
dc.date.accessioned2020-08-03T04:51:48Z
dc.date.available2020-08-03T04:51:48Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103452
dc.description.abstractAgrowisata Gunung Mas merupakan objek wisata di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yang banyak diminati pengunjung karena pesona alam yang indah dan lokasi yang strategis. Upaya menarik wisatawan dilakukan oleh pengelola Agrowisata Gunung Mas melalui segmentasi wisata berupa adanya atraksi wisata di dalam kawasan. Atraksi wisata tersebut adalah tea walk, panahan, camping ground, taman kelinci, berkendara jeep, menunggangi kuda, flying fox dan berkendara ATV. Kegiatan wisata alam selain menghasilkan dampak positif juga dapat menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam pengelolaan kawasan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dukung kawasan, mengkaji harga tiket optimal tiap atraksi wisata, dan merekomendasikan strategi yang sesuai untuk pengelolaan Agrowisata Gunung Mas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Carrying Capacity, Contingent Valuation Method, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengunjung tiap segmen masih Under Carrying Capacity, tetapi pada segmen berkendara jeep jumlah pengunjung hampir mencapai batas carrying capacity. Pembatasan jumlah pengunjung dan peningkatan fasilitas pada segmen berkendara jeep dapat dilakukan melalui peningkatkan tarif yang disesuaikan dengan Willingness to Pay pengunjung. Hasil analisis SWOT menunjukkan Agrowisata Gunung Mas berada pada sel 4 yang mengindikasikan tempat wisata ini pada posisi tumbuh dan membangun. Berdasarkan matriks QSPM, strategi yang dihasilkan diantaranya menetapkan tarif segmentasi berdasarkan Willingness to Pay pengunjung, memperbanyak atraksi wisata di dalam kawasan, dan menggalakkan promosi wisata baik melalui media cetak maupun elektronik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEnvironmental Economicsid
dc.subject.ddcAgrotourismid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleStrategi Pengelolaan Wisata berdasarkan Daya Dukung Kawasan (Studi kasus: Agrowisata Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCarrying Capacityid
dc.subject.keywordContingent Valuation Methodid
dc.subject.keywordSWOTid
dc.subject.keywordQuantitative Strategic Planning Methodid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record