View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Pengelolaan Wisata berdasarkan Daya Dukung Kawasan (Studi kasus: Agrowisata Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (37.15Mb)
      Date
      2020
      Author
      Arsyad, Zaid Mochammad
      Ismail, Ahyar
      Pramudita, Danang
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Agrowisata Gunung Mas merupakan objek wisata di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yang banyak diminati pengunjung karena pesona alam yang indah dan lokasi yang strategis. Upaya menarik wisatawan dilakukan oleh pengelola Agrowisata Gunung Mas melalui segmentasi wisata berupa adanya atraksi wisata di dalam kawasan. Atraksi wisata tersebut adalah tea walk, panahan, camping ground, taman kelinci, berkendara jeep, menunggangi kuda, flying fox dan berkendara ATV. Kegiatan wisata alam selain menghasilkan dampak positif juga dapat menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam pengelolaan kawasan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dukung kawasan, mengkaji harga tiket optimal tiap atraksi wisata, dan merekomendasikan strategi yang sesuai untuk pengelolaan Agrowisata Gunung Mas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Carrying Capacity, Contingent Valuation Method, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengunjung tiap segmen masih Under Carrying Capacity, tetapi pada segmen berkendara jeep jumlah pengunjung hampir mencapai batas carrying capacity. Pembatasan jumlah pengunjung dan peningkatan fasilitas pada segmen berkendara jeep dapat dilakukan melalui peningkatkan tarif yang disesuaikan dengan Willingness to Pay pengunjung. Hasil analisis SWOT menunjukkan Agrowisata Gunung Mas berada pada sel 4 yang mengindikasikan tempat wisata ini pada posisi tumbuh dan membangun. Berdasarkan matriks QSPM, strategi yang dihasilkan diantaranya menetapkan tarif segmentasi berdasarkan Willingness to Pay pengunjung, memperbanyak atraksi wisata di dalam kawasan, dan menggalakkan promosi wisata baik melalui media cetak maupun elektronik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103452
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2336]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository