Strategi Pengembangan Usaha Ikan Hias Koi Premium Jepang Samurai Koi Centre di Indonesia.
Abstract
Ikan koi (Cyprinus Carpio) adalah ikan hias yang termasuk ke dalam jenis ikan mas.
Potensi penjualan ikan hias koi di Indonesia menawarkan peluang yang sangat besar. Samurai
Koi Centre membutuhkan strategi yang tepat dalam tahap pengembangan usahanya di
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan
eksternal, menentukan posisi perusahaan, menentukan strategi alternatif dan menentukan
strategi prioritas yang tepat bagi Samurai Koi Centre. Metode analisis yang digunakan adalah
metode evaluasi faktor internal dan eksternal (matriks IFE-EFE), matriks IE, dan matriks QSP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kunci internal perusahaan dengan skor 2,880
adalah penjaminan kualitas koi dan faktor kunci eksternal perusahaan dengan skor 2,727 adalah
branding pada kontes koi. Penelitian ini menghasilkan tujuh strategi alternatif bagi perusahaan
dengan strategi prioritas yaitu meningkatkan strategi sistem pemasaran perusahaan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]