Show simple item record

dc.contributor.advisorFariyanti, Anna
dc.contributor.authorHabibah, Dwiyanisa
dc.date.accessioned2020-02-11T03:10:53Z
dc.date.available2020-02-11T03:10:53Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101833
dc.description.abstractBelimbing Dewa adalah salah satu komoditas unggulan Kota Depok. Hal tersebut didukung dengan volume produksi belimbing Kota Depok menjadi yang paling tinggi di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran dan efisiensi pemasaran belimbing di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Data-data diperoleh dari responden berjumlah 21 orang petani dan 15 orang lembaga pemasaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk petani responden dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Efisiensi pemasaran diukur dengan menggunakan indikator marjiin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran belimbing di Kecamatan Pancoran Mas yang melibatkan pedagang pengumpul, pedagang besar luar kota, pedagang pengecer lokal dan luar kota. Saluran yang relatif lebih efisien diantara yang lainnya adalah saluran tiga dengan total marjin pemasaran sebesar Rp 11 500, nilai farmer’s share sebesar 42.50 % dan nilai π/c sebesar 2.71.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcDepok-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Pemasaran Belimbing Dewa di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBelimbing Dewaid
dc.subject.keywordbiaya pemasaranid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordsaluran pemasaranid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record