Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaukat, Yusman
dc.contributor.authorEvrinita, Tiara
dc.date.accessioned2020-02-03T04:33:30Z
dc.date.available2020-02-03T04:33:30Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101574
dc.description.abstractLada putih merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Bangka, salah satu sentra produksi lada putih yaitu Desa Puding Besar. Petani mengalami kendala dalam produksi dan pemasaran lada putih. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pendapatan usahatani lada putih di Desa Puding Besar (2) mengidentifikasi lembaga, fungsi, dan saluran pemasaran lada putih di Desa Puding Besar (3) menganalisis efisiensi saluran pemasaran lada putih di Desa Puding Besar. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling pada petani, sedangkan pada lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Metode analisis data menggunakan analisis pendapatan untuk mengestimasi pendapatan petani, analisis deskripstif untuk mengidentifikasi lembaga, fungsi, dan saluran pemasaran, serta analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya (R/C ratio) untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan petani atas biaya total sebesar Rp 28.814.377/ha/tahun sedangkan rata-rata pendapatan petani atas biaya tunai sebesar Rp 32.681.667/ha/tahun. Lembaga pemasaran terdiri dari petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pedagang pengecer, dan gudang sistem resi gudang (SRG). Semua lembaga pemasaran melakukan fungsi pertukaran, fisik, dan fasilitas, kecuali gudang SRG yang tidak melakukan fungsi pertukaran. Terdapat tiga saluran pemasaran lada putih, saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran III (petani – pedagang besar).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics Resourcesid
dc.subject.ddcWhite Pepper Farmingid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBanka, Kepulauan Bangka Belitung, Sumateraid
dc.titleAnalisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Lada Putih (Studi Kasus: Desa Puding Besar, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordmargin pemasaranid
dc.subject.keywordpendapatanid
dc.subject.keywordR/C ratioid
dc.subject.keywordsistem resi gudangid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record