Analisis Kepuasan Konsumen “Angkringan Kampus” Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor
Abstract
Yogyakarta merupakan kota asal tempat makan yang disebut angkringan.
Konsep angkringan saat ini telah banyak dikembangkan diberbagai tempat salah
satunya Kabupaten Bogor. “Angkringan Kampus” merupakan salah satu
angkringan baru di Kabupaten Bogor yang didesain lebih modern dengan nuansa
cafe. Tingginya persaingan pada bisnis kuliner, banyaknya keluhan konsumen,
jumlah pengunjung yang fluktuatif dan penjualan yang menurun menyebabkan
perlunya analisis terkait karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian dan
tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan pembelian dan
menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik convinience sampling dengan menyebarkan kuesioner
kepada 85 responden. Metode pengolahan data menggunakan teknik analisis
deskriptif, CSI dan IPA. Hasil analisis CSI menunjukan nilai tingkat kepuasan
konsumen sebesar 79.06 persen yang berarti secara keseluruhan konsumen puas
terhadap “Angkringan Kampus”. Analisis IPA menunjukan bahwa kecepatan
pelayanan merupakan atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]