Rancangan Strategi Usaha Sayuran Organik di Okiagaru Farm, Cianjur Jawa Barat
Abstract
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, selaras
dengan mulai berubahnya pola konsumsi yang diterapkan yaitu dengan
mengonsumsi produk-produk yang sehat dan aman bagi tubuh. Keadaan ini
berdampak pada peningkatan permintaan terhadap sayuran organik. Okiagaru
Farm adalah pelaku usaha sayuran organik yang berproduksi di Kabupaten
Cianjur Jawa Barat, Okiagaru Farm perlu melakukan analisis lingkungan internal
eksternal, dan juga merumuskan strategi untuk memanfaatkan peluang pasar yang
ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal,
merumuskan strategi, dan melakukan pemetaan strategi dengan pendekatan
arsitektur strategi. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk
mengidentifikasi faktor kunci internal dan eksternal dan dilanjutkan dengan
metode kuantitatif pada matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE untuk
mendapatkan posisi Okiagaru Farm. Hasil matriks IE menunjukkan bahwa
Okiagaru Farm berada pada kuadran kedua yaitu posisi tumbuh dan berkembang
(growht and build). Terdapat tujuh alternatif strategi dari perumusan strategi
SWOT yang selanjutnya dipetakan menjadi rekomendasi program kegiatan rutin
dan bertahap yang akan diimplementasikan dan direalisasikan pada tiga periode
waktu.
Collections
- UT - Agribusiness [3256]