dc.description.abstract | Masuknya inovasi dalam kehidupan masyarakat menyebabkan terjadinya
perubahan yang semakin meningkat. Peningkatan inovasi tersebut merubah para
pelaku bisnis dalam meningkatkan taraf pendapatan dan keberlanjutannya dalam
berbisnis atau biasa disebut dengan UMKM. Keberhasilan suatu UMKM
merupakan faktor pencapaian utama dalam berbisnis yang meliputi: keberlanjutan
UMKM, produk bernilai jual, peningkatan penjualan serta peningkatan
keterampilan. Faktor yang memengaruhi suatu UMKM yaitu adanya modal sosial
dan program CSR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisa yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan didukung dengan data
kualitatif di UMKM EMELA Konveksi Desa Kedung Badak, Kecamatan Tanah
Sareal, Kota Bogor dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman. Hasil
dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara modal sosial
dengan program CSR. Hasil lain terdapat pengaruh nyata antara modal sosial
dengan keberhasilan UMKM dan program CSR dengan keberhasilan UMKM. | id |