Show simple item record

dc.contributor.advisorAyyubi, Salahuddin El
dc.contributor.authorBudiansyah, Muhammad Izet
dc.date.accessioned2020-01-21T02:34:15Z
dc.date.available2020-01-21T02:34:15Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101120
dc.description.abstractWakaf merupakan salah satu filantropi Islam yang dapat menjadi alternatif sebagai pemerata kesejahteraan dan pengurang kemiskinan. Instrumen ini memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Nasution (2005) dan melihat jumlah pengguna internet di Indonesia (2017), potesi wakaf uang di era digital mencapai 1.332 triliun Rupiah per tahun. Beberapa nazhir memberikan fasilitas wakaf online untuk memaksimalkan potensi wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik wakif online serta faktor-faktor yang memengaruhi wakif dalam berwakaf online. Sebanyak 90 responden wakif online telah diteliti, dengan proporsi 30 wakif berasal dari tiga lembaga berbeda diantaranya Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Global Wakaf. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi wakif dalam berwakaf online adalah analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi wakif dalam berwakaf online dibagi ke dalam lima faktor yaitu faktor kualitas informasi; pelayanan; kepercayaan; kualitas website; dan promosi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcSharia Economicsid
dc.subject.ddcWaqfid
dc.subject.ddc2019id
dc.titleFaktor-Faktor yang Memengaruhi Wakif dalam Berwakaf Onlineid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordanalisis faktorid
dc.subject.keywordwakaf onlineid
dc.subject.keywordwakaf uangid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record