Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Muslim Terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal MUI (Studi Kasus Kota Bogor)
Abstract
Seluruh produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah
Indonesia harus terjamin kehalalannya dan memiliki sertifikat halal tidak
terkecuali produk kosmetik. Kosmetik saat ini telah digunakan oleh remaja wanita
atau generasi Z. Produk kosmetik yang beredar di Indonesia sangat banyak tetapi
tidak semua memiliki label halal MUI. Pada tahun 2018 jumlah produk kosmetik
yang sudah berlabel halal hanya sebanyak 2 115 produk dari 49 557 produk
kosmetik yang telah mendapat izin edar dari BPOM. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengidentifikasi karakteristik generasi Z dan mengetahui faktorfaktor
yang memengaruhi keputusan pembelian generasi Z muslim terhadap
produk kosmetik berlabel halal. Penelitian dilakukan di Kota Bogor dengan
mengambil sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pengetahuan halal, halal awareness, dan media sosial berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z muslim terhadap produk
kosmetik berlabel halal.
Collections
- UT - Syariah Economic [382]