Analisis Perilaku Belanja Konsumen Non-muslim terhadap Pembelian Makanan dan Minuman Kemasan Berlabel Halal MUI di DKI Jakarta
Abstract
Ekonomi halal merupakan salah satu alternatif untuk mendorong pertumbuhan
ekonomi. Salah satu sektor industri halal yang mengalami peningkatan adalah makanan
dan minuman halal. Selama ini banyak persepsi masyarakat yang menganggap bahwa
makanan dan minuman halal diperuntukkan untuk konsumen muslim. Penelitian ini
penting dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi
konsumen non-muslim dalam membeli makanan dan minuman kemasan berlabel halal
khususnya di wilayah DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi karakteristik responden dan
analisis faktor digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
konsumen non-muslim membeli makanan dan minuman halal. hasil analisis
menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi konsumen non-muslim membeli
makanan dan minuman kemasan berlabel halal adalah faktor personal, faktor halal
awareness, dan faktor lingkungan.
Collections
- UT - Syariah Economic [416]