Analisis Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Muzaki dalam Membayar Zakat Melalui Kepuasan Pelayanan
View/ Open
Date
2019Author
Hasanah, Annisa Ridha
Fitri, Resfa
Hasanah, Neneng
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan utama pengelolaan zakat adalah untuk mengoptimalkan fungsi zakat
dan memudahkan di dalam penyaluran zakat. Akan tetapi, sampai saat ini
pengelolaan zakat belum mencukupi tujuan tersebut, karena dana zakat yang
terkumpul di Indonesia tahun 2017 hanya 6.2 triliun rupiah dari total potensi zakat
nasional yang mencapai 462 triliun rupiah. Hal tersebut menandakan bahwa masih
banyak orang Islam yang belum termotivasi untuk membayar zakat pada lembaga.
Studi ini bertujuan untuk menganalisis persepsi muzaki BAZNAS Kota Bogor
terhadap kualitas pelayanan yang sudah diterapkan serta menganalisis faktorfaktor
yang memengaruhi kepuasan muzaki terhadap peningkatan loyalitas dalam
membayar zakat. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan
melalui pengisian kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Total responden yang
menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu SEM-PLS dan diolah dengan bantuan
software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang
memengaruhi kepuasan muzaki adalah tangible, responsiveness, dan emphaty.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan memiliki dampak
yang positif terhadap loyalitas muzaki dalam membayar zakat.
Collections
- UT - Syariah Economic [478]