Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Nasabah terhadap Produk Rahn (Studi Kasus PT. BPRS Amanah Ummah).
View/ Open
Date
2019Author
Putri, Lisda Qotrunnada Nabila
Effendi, Jaenal
Metadata
Show full item recordAbstract
Rahn merupakan salah satu pembiayaan bagi masyarakat untuk meminjam
uang dengan menggunakan barang-barang pribadi sebagai jaminannya. Ketertarikan
masyarakat terhadap rahn masih terbilang cukup kecil, padahal rahn hanya
mengetahui jasa simpan pinjam atas harta benda yang dijadikan jaminan oleh
nasabah. Jasa simpan pinjam tersebut dibayarkan setiap bulannya bersama dengan
angsuran kreditnya dan tidak menggunakan sistem bunga, hanya menentukan
nominal rupiah yang telah ditentukan oleh pihak penggadai. Dengan demikian,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
preferensi nasabah dalam memilih produk rahn. Sebanyak 120 responden yang
diteliti, dengan proporsi 60 responden merupakan responden produk rahn dan 60
responden lainnya. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, faktor pengetahuan, promosi, pelayanan, tingkat
pendidikan, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran dan jumlah tanggungan berpengaruh
secara signifikan dalam menentukan keputusan nasabah dalam memilih produk rahn.
Collections
- UT - Syariah Economic [394]