Efektifitas Penerapan Model Pembuat Keputusan Dalam Proses Pengembangan Produk Pangan Baru
Date
2015-04Author
Ulfiana Anika Sari
Feri Kusnandar
Dede R. Adawiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Manajemen portofolio telah menjadi bagian penting dalam mendukung perusahaan untuk menentukan proyek pengembangan produk pangan baru. Manajemen portofolio merupakan perangkat untuk memastikan bahwa perusahaan dapat menjalankan proyek pengembangan produk pangan baru yang tepat sesuai dengan tujuan dan strategi bisnis. Tujuan dari studi ini adalah untuk (1) mengembangkan kriteria persetujuan di setiap tahap proses pengembangan produk baru, (2) mengukur efektifitas dari criteria persetujuan terhadap pengurangan biaya, dan (3) mengevaluasi kinerja dari proses pengembangan produk baru yang telah dikembangkan. Kriteria persetujuan pada setiap tahapan sebagai proses pengambilan keputusan yang terintegrasi (dimulai dari tahap orientasi, kreasi, pembuatan hingga implementasi) membantu dalam memilih proyek yang dapat diloloskan pada tahap selanjutnya. Hasil modifikasi ini dapat mengurangi resiko kegagalan. Perusahaan menghabiskan 40% dari dana yang dialokasikan untuk proyek-proyek yang berhasil melewati seluruh tahapan hingga diluncurkan ke pasar. Untuk proyek yang ditunda atau dibatalkan, perusahaan menghabiskan 20.8% dari dana yang dialokasikan. Dana yang belum digunakan sebanyak 39.2% kemudian dialokasikan untuk inisiasi proyek baru. Model yang dikembangkan ini dinilai efektif oleh pihak manajemen perusahaan