Show simple item record

dc.contributor.advisorSaleh, Amiruddin
dc.contributor.advisorSarwoprasodjo, Sarwititi
dc.contributor.authorFebryanti, Ade
dc.date.accessioned2019-09-25T06:58:21Z
dc.date.available2019-09-25T06:58:21Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98669
dc.description.abstractSebagian besar masyarakat Indonesia masih menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Salah satu peran strategis sektor pertanian adalah sumber utama pendapatan rumah tangga pedesaan. Masalahnya, kondisi pelaku utama pertanian sekarang yakni tingkat pendidikan rendah, kepemilikan lahan sempit, kurang pemanfaatan teknologi dan informasi, dan masalah pemasaran. Keberhasilan sektor pertanian perlu dukungan semua stakeholder seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat termasuk pemuda. Agriculture Youth Mart (AYM) sebagai socio enterprise bertujuan membantu petani memasarkan produk pertanian dalam hubungan pemasaran. Suatu hubungan dapat berjalan baik ketika kedua belah pihak memegang kepercayaan dan komitmen. Pembentukan kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang dilakukan dengan komunikasi kolaboratif, nilai bersama, dan pengendalian perilaku oportunis. Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis deskripsi komunikasi kolaboratif, nilai bersama, pengendalian perilaku oportunis, kepercayaan, dan komitmen pemasaran jangka panjang pada petani pemasok; (2) menganalisis hubungan komunikasi kolaboratif, nilai bersama, dan pengendalian perilaku oportunis dengan kepercayaan pada petani pemasok; (3) menganalisis hubungan kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang pada petani pemasok; (4) dan menyusun strategi komunikasi kolaboratif pada petani pemasok. Responden penelitian merupakan seluruh petani pemasok AYM di Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan pada bulan Oktober 2018 dan dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24 untuk statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi termasuk dalam kategori rendah. Indikator arah dan pesan termasuk dalam kategori sedang dan iklim komunikasi tergolong tinggi. Kejujuran tergolong sangat baik dan ketepatan waktu serta kualitas produk tergolong baik. Peubah pengendalian perilaku oportunis secara umum menunjukkan bahwa kesamaan budaya, tata kelola hubungan, dan kepuasan termasuk tergolong cukup baik dengan nilai total rataan skor sebesar 1.51. Peubah kepercayaan dan komitmen secara umum tergolong kategori sedang dengan nilai rataan skor sebesar 2.73 dan 2.63. Hasil analisis rank Spearman menunjukkan bahwa peubah komunikasi kolaboratif dan nilai bersama berhubungan sangat nyata dan positif dengan kepercayaan. Indikator kesamaan budaya berhubungan positif dan sangat nyata dengan integritas serta berhubungan positif dan nyata dengan kompetensi. Akan tetapi, indikator kesamaan budaya tidak berhubungan nyata dengan loyalitas, konsistensi, dan keterbukaan. Peubah kepercayaan berhubungan sangat nyata dan positif dengan komitmen pada petani pemasok.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcCommunication Developmentid
dc.subject.ddcCollaborativeid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.titleHubungan Komunikasi Kolaboratif, Nilai Bersama, dan Pengendalian Perilaku Oportunis dengan Kepercayaan dan Komitmen Petani Pemasok.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkepercayaanid
dc.subject.keywordkomunikasi kolaboratifid
dc.subject.keywordpetani pemasokid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record