Show simple item record

dc.contributor.advisorSusetyo, Budi
dc.contributor.advisorRahardiantoro, Septian
dc.contributor.advisorWibowo, Satriyo
dc.contributor.authorAgustine, Priscilla Yulia
dc.date.accessioned2019-07-22T01:20:05Z
dc.date.available2019-07-22T01:20:05Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98554
dc.description.abstractPemetaan Mutu Pendidikan (PMP) dan akreditasi merupakan kegiatan pengukuran capaian mutu sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Akreditasi yang ditetapkan oleh BAN-S/M dapat diduga dengan subindikator mutu dari kegiatan PMP yang dilaksanakan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan menentukan peubah penciri terbaik menggunakan metode random forest dengan subindikator mutu dari kegiatan PMP sebagai peubah penjelas dan hasil akreditasi sebagai peubah respon. Model terbaik didapat ketika ��������� =18 dan ��������� = 500. Berdasarkan model terbaik, terdapat empat subindikator mutu yang memiliki tingkat kepentingan terbaik terhadap akreditasi di antaranya kondisi kelas sesuai standar; kompetensi lulusan dengan pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif; kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai; serta tersedianya tenaga pustakawan. Tersedianya keempat subindikator tersebut, diduga akan mendapatkan peringkat akreditasi lebih baik dibandingkan sekolah yang tidak memiliki subindikator tersebut.id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcRandomid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titlePenerapan Random Forest Ordinal dalam Menentukan Mutu Penciri Akreditasi SMA Berdasarkan Indikator Pemetaan Mutu Pendidikan.id
dc.subject.keywordpemetaan mutu pendidikanid
dc.subject.keywordrandom forest ordinalid
dc.subject.keywordstandar nasional pendidikanid
dc.subject.keywordVIMs-RPSid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record