Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Perhiasan Indonesia ke Negara Tujuan Utama.
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan faktor-faktor
yang memengaruhi ekspor perhiasan Indonesia ke negara tujuan utama khususnya
negara Singapore, United States of America (USA), Hong Kong, Switzerland,
Thailand, Netherlands, United Emirates Arab (UEA), Germany, China, dan India.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative
Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan metode panel data.
Penelitian ini menggunakan data time series tahun 2012 sampai 2016. Secara
keseluruhan dari sepuluh negara hasil analisis RCA memiliki keunggulan
komparatif di delapan negara tujuan utama. Hasil analisis EPD menunjukkan
negara USA dan Switzerland berada pada posisi tertinggi yaitu Rising Star. Berbeda
dengan negara Thailand dan Netherlands yang berada pada posisi retreat. Hasil
estimasi data panel menunjukkan bahwa variabel yang signifikan memengaruhi
volume ekspor perhiasan Indonesia ke negara tujuan utama adalah RER, populasi
negara tujuan, dan harga ekspor, sedangkan variabel GDP riil tidak berpengaruh
signifikan.