Peran Green Marketing dalam Menstimulasi Green Brand Equity Starbucks Indonesia (Bogor).
View/ Open
Date
2019Author
Ali, Rifqi
Munandar, Jono
Syamsun, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Pesatnya perkembangan industri yang terjadi saat ini disatu sisi memberikan
dampak positif terhadap kehidupan manusia, namun di sisi lain berdampak negatif
terhadap lingkungan. Perusahaan menerapkan strategi green marketing agar dapat
meningkatkan keunggulan kompetitif di tengah isu kerusakan lingkungan.
Merespon meningkatnya kepedulian masyarakat pada lingkungan tersebut,
semakin banyak perusahaan yang berusaha dan berpikir cukup keras agar dapat
memanfaatkan peluang isu lingkungan untuk kegiatan bisnis mereka (Chen dan
Chang, 2012). Pemasar mulai menjual barang atau jasa yang aman bagi konsumen
dan ramah terhadap lingkungan. Pemasar produk hijau yang sukses berpandangan,
jika konsumen saat ini tidak hanya perduli terhadap barang-barang material
semata akan tetapi juga efeknya terhadap lingkugan (Singh dan Pandey, 2012).
Perusahaan menerapkan strategi green marketing agar dapat meningkatkan
keunggulan kompetitif ditengah isu kerusakan lingkungan. Green marketing
menjadi strategi proaktif perusahaan untuk melayani keinginan pasar dengan
memproduksi produk ramah lingkungan yang tidak menimbulkan kerugian
terhadap lingkungan dan kesehatan konsumen.
Lokasi studi pada penelitian ini adalah pada perusahaan food and beverages
yaitu starbucks indonesia. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini 280
responden dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan
structural equation modelling (SEM) dengan alat bantu pengolahan lisrel. Hasil
analisis dari penelitian ini adalah green perceived quality berpengaruh terhadap
green satisfaction dan green trust, green perceived value berpengaruh terhadap
green satisfaction dan tidak berpengaruh terhadap green trust, green perceived
risk tidak berpengaruh terhadap green satisfaction namun signifkan dan
berpengaruh negatif terhadap green trust, green satisfaction berpengaruh terhadap
green trust dan green brand equity lalu green trust tidak berpengaruh terhadap
gren brand equity.
Collections
- MT - Economic and Management [2970]