Show simple item record

dc.contributor.advisorAfendi, Farit Mochamad
dc.contributor.advisorSuhaeni, Cici
dc.contributor.authorSetiawaty, Eka
dc.date.accessioned2019-05-08T01:15:56Z
dc.date.available2019-05-08T01:15:56Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97247
dc.description.abstractPeningkatan persaingan antar perusahaan penjual kendaraan pribadi membuat masing-masing perusahaan memerlukan strategi pemasaran guna mempertahankan pelanggan dan meningkatkan angka penjualan produknya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah memprospek pelanggan di waktu yang tepat. Penentuan waktu yang tepat dapat didekati dengan mengidentifikasi hubungan antara peubah-peubah penjelas yang berpengaruh terhadap jarak pembelian berdasarkan data transaksi Perusahaan Z tahun 2002 sampai 2015 menggunakan metode Classification and Regression Trees (CART). Analisis data dipisahkan antara kelompok pelanggan yang melakukan pembelian kedua maksimal 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok A) dan lebih dari 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok B). Pohon regresi kelompok A menghasilkan 8 simpul akhir dengan nilai MAD sebesar 1.84 tahun. Peubah penyekat yang berperan, yaitu peubah tenor, pekerjaan, usia, dan merek. Pohon regresi kelompok B menghasilkan 4 simpul akhir dengan peubah penyekat servis resmi dan pekerjaan. Nilai MAD untuk pohon regresi kelompok B adalah sebesar 0.56 tahun.id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcClassificationid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcDKI Jakartaid
dc.titleMetode CART untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Waktu Pembelian Kendaraan Keduaid
dc.subject.keywordCARTid
dc.subject.keywordjarak pembelianid
dc.subject.keywordpohon regresiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record