View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pemasaran Komoditas Pepaya Calina (Studi Kasus : Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan).

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (28.75Mb)
      Date
      2019
      Author
      Rahmadhani, Raissa Amalia
      Falatehan, A. Faroby
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pepaya calina merupakan salah satu komoditas sub-sektor hortikultura yang bernilai ekonomis bagi masyarakat kecamatan Natar, Lampung Selatan. Harga dan permintaan pepaya calina di pasaran yang cenderung tinggi dan pembudidayaannya yang cukup mudah menjadikan pepaya calina sebagai salah satu mata pencaharian utama bagi masyarakat. Namun dalam kondisi pemasaran, harga di tingkat petani dan yang diterima konsumen akhir cukup berbeda. Pelaksanaan pemasaran pepaya calina di tingkat petani maupun lembaga pemasaran juga saling mempengaruhi pepaya calina di tingkat konsumen akhir. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menganalisis pemasaran pepaya calina di kecamatan Natar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis usahatani dan pendapatan yang diterima petani, (2) menganalisis pemasaran pepaya calina di kecamatan Natar, dan (3) menganalisis efisiensi pemasaran di tiap aliran pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisis pendapatan usahatani, diperoleh pendapatan atas biaya tunai sebesar Rp 49 159 605.11 per ha per tahun dan pendapatan atas biaya total per tahunnya sebesar Rp 45 757 822.43 per ha. R/C ratio atas biaya tunai adalah sebesar 2.15 dan R/C ratio atas biaya total sebesar 1.99. Pada pemasaran pepaya calina di kecamatan Natar, terdapat sebelas saluran dan enam lembaga pemasaran, yaitu pedagang pengumpul desa, pedagang pengumpul kecamatan, pedagang pengumpul luar kabupaten, pengecer kecamatan, pengecer kabupaten dan pasar modern. Pola saluran yang efisien adalah saluran sebelas dan saluran enam.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97240
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1592]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository