Show simple item record

dc.contributor.advisorSilvianti, Pika
dc.contributor.advisorRahardiantoro, Septian
dc.contributor.authorDewi, Radinda Putri Maha
dc.date.accessioned2019-05-08T01:05:22Z
dc.date.available2019-05-08T01:05:22Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97226
dc.description.abstractIdentifikasi gerombol perusahaan sektor barang konsumsi merupakan kajian yang cukup penting dilakukan untuk menelaah karakteristik perusahaan berdasarkan faktor manajemen pemasarannya. Penelitian ini berupaya melakukan penggerombolan 23 perusahaan sektor barang konsumsi berdasarkan 4 faktor manajemen pemasaran yaitu biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, dan nilai penjualan pada tahun 2012-2016. Terdapat dua bagian penggerombolan yang dilakukan yaitu penggerombolan perusahaan sektor barang konsumsi berdasarkan pola deret waktunya untuk setiap faktor manajemen pemasaran dengan metode ward, dan penggerombolan perusahaan sektor barang konsumsi secara data panel multivariat dengan metode k-means. Hasil penggerombolan untuk setiap faktor manajemen pemasarannya dengan metode ward menghasilkan 2 gerombol pada masing-masing faktor, dengan gerombol 2 memiliki rata-rata setiap faktor lebih besar daripada gerombol 1. Perusahaan yang terdapat pada gerombol 2 yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Indofood Sukses Makmur, PT Mayora Indah, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Handjaya Mandala Sampoerna Tbk, International Investama Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, dan PT Tempo Scan Pasific Tbk. Pada sisi lain, penggerombolan data panel multivariat menghasilkan 6 gerombol dengan gerombol 5 merupakan gerombol dengan rata-rata tertinggi pada setiap faktor. Gerombol 5 terdiri dari PT Indofood Sukses Makmur dan PT Handjaya Mandala Sampoerna Tbk. Perusahaan yang terdapat pada hasil penggerombolan data panel multivariat dengan nilai tertinggi juga terdapat pada hasil penggerombolan dengan nilai tertinggi untuk setiap faktor manajemen pemasarannya.id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcCluster Analysisid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titlePenggerombolan Data Panel Perusahaan Sektor Barang Konsumsiid
dc.subject.keywordpenggerombolan data panel multivariatid
dc.subject.keywordfaktor manajemen pemasaranid
dc.subject.keywordpenggerombolan deret waktuid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record