Show simple item record

dc.contributor.advisorSaefuddin, Asep
dc.contributor.advisorErfiani
dc.contributor.authorGinzel, Muggy David Cristian
dc.date.accessioned2019-05-08T01:03:52Z
dc.date.available2019-05-08T01:03:52Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97221
dc.description.abstractPengelompokan jurusan di Indonesia saat ini hanya dibagi menjadi dua kelompok yaitu IPA dan IPS. Pengelompokan jurusan tersebut diduga belum cukup untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal karena kecerdasan majemuk siswa berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan program ekstrakurikuler yang diikuti oleh setiap siswa berdasarkan kecerdasan majemuk yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggerombolan tidak berhirarki k-Means dan metode penggerombolan berhirarki Ward. Metode k-Means digunakan untuk menentukan jumlah gerombol yang efektif dan tepat dalam analisis, sedangkan metode Ward digunakan untuk mengidentifikasi anggota dan jenis ekstrakurikuler yang dapat diikuti dalam setiap gerombol yang terbentuk berdasarkan kecerdasan majemuk masing-masing siswa. Berdasarkan hasil penggerombolan yang dilakukan, didapatkan lima gerombol ekstrakurikuler, yaitu Bahasa dan Seni Rupa; Komunikasi; Kepemimpinan; Pecinta Alam; dan juga Design dan Fotografi.id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcCluster Analysisid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titlePenetapan Ekstrakurikuler Wajib untuk Siswa Sekolah MenengahAtas Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Rumpin)id
dc.subject.keywordgerombolid
dc.subject.keywordkecerdasan majemukid
dc.subject.keywordk-Meansid
dc.subject.keywordWardid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record