dc.contributor.advisor | Saefuddin, Asep | |
dc.contributor.advisor | Erfiani | |
dc.contributor.author | Ginzel, Muggy David Cristian | |
dc.date.accessioned | 2019-05-08T01:03:52Z | |
dc.date.available | 2019-05-08T01:03:52Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97221 | |
dc.description.abstract | Pengelompokan jurusan di Indonesia saat ini hanya dibagi menjadi dua kelompok yaitu IPA dan IPS. Pengelompokan jurusan tersebut diduga belum cukup untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal karena kecerdasan majemuk siswa berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan program ekstrakurikuler yang diikuti oleh setiap siswa berdasarkan kecerdasan majemuk yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggerombolan tidak berhirarki k-Means dan metode penggerombolan berhirarki Ward. Metode k-Means digunakan untuk menentukan jumlah gerombol yang efektif dan tepat dalam analisis, sedangkan metode Ward digunakan untuk mengidentifikasi anggota dan jenis ekstrakurikuler yang dapat diikuti dalam setiap gerombol yang terbentuk berdasarkan kecerdasan majemuk masing-masing siswa. Berdasarkan hasil penggerombolan yang dilakukan, didapatkan lima gerombol ekstrakurikuler, yaitu Bahasa dan Seni Rupa; Komunikasi; Kepemimpinan; Pecinta Alam; dan juga Design dan Fotografi. | id |
dc.publisher | Bogor Agricultural University (IPB) | id |
dc.subject.ddc | Statistics | id |
dc.subject.ddc | Cluster Analysis | id |
dc.subject.ddc | 2017 | id |
dc.subject.ddc | Bogor-Jawa Barat | id |
dc.title | Penetapan Ekstrakurikuler Wajib untuk Siswa Sekolah MenengahAtas Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Rumpin) | id |
dc.subject.keyword | gerombol | id |
dc.subject.keyword | kecerdasan majemuk | id |
dc.subject.keyword | k-Means | id |
dc.subject.keyword | Ward | id |