Analisis Perkembangan Daya Saing Alas Kaki Indonesia di China Periode 2005 - 2015.
Abstract
Sektor non migas memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan
nilai ekspor Indonesia. Alas kaki merupakan salah satu komoditas unggulan
ekspor Indonesia. Adanya kerjasama ACFTA diharapkan dapat meningkatkan
pangsa pasar produk sepatu olahraga dan sepatu casual Indonesia di China.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dayasaing alas kaki Indonesia di
China selama periode 2005 sampai 2015. Penelitian ini juga menggunakan
analisis Reveleated Comparative Advantage, Intra-Industry Trade, Porter’s
Diamond dan Trade Balance. Hasil analisis RCA menunjukan bahwa berdaya
saing di China dan model porter’s diamond menunjukan bahwa dayasaing
kompetitif alas kaki yang kuat. Hasil IIT menunjukan bahwa produk sepatu
casual cenderung memiliki integrasi sangat kuat sedangkan produk sepatu
olahraga cenderung memiliki integrasi kuat. Hasil Trade Balance menunjukan
bahwa produk sepatu casual maupun produk sepatu olahraga cenderung memiliki
nilai impor yang lebih besar dibandingkan nilai ekspor dari tahun ke tahun.