Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitalaya S
dc.contributor.advisorRaharja, Sapta
dc.contributor.authorHanafi, Imron
dc.date.accessioned2019-04-09T01:42:05Z
dc.date.available2019-04-09T01:42:05Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97030
dc.description.abstractDalam rangka memacu industri otomotif dan elektronik agar dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan bersaing di era globalisasi, maka pengembangan industri manufaktur tidak hanya bertumpu pada industri berskala besar tetapi perlu dikembangkan ke Usaha Kecil Menengah (UKM). Kendala yang dihadapi saat ini yaitu keterbatasan modal, SDM, pengembangan produk dan kases pemasaran. PT BesQ Sarana Abadi merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak dibidang usaha pembuatan suku cadang berbahan karet. Dalam rangka meningkatkan daya bersaing maka PT BesQ Sarana Abadi maka dilakukan penelitian untuk merumuskan strategi daya saing yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan daya saing produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet; (2) menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektronik berbahan karet dengan metode Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE); (3) menyusun strategi daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet dengan metode Internal External (IE) dan Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) Balance Score Card (BSC); (4) menyusun prioritas strategi untuk meningkatkan daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Secara garis besar yang mempengaruhi daya saing dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu faktor proses produksi, penjualan, dan manajemen. Faktorfaktor perusahaan yang sudah didapat selanjutnya dilakukan evaluasi faktor internal dan eksternal dengan metode EFI dan EFE Dari hasil anaisa didapatkan masih banyak kelemahan dalam perusahaan. Nilai peluang yang tinggi mengakibatkan perusahaan bisa beroperasi dengan dengan kekuatan yang ada. hasil IFE nilai kekuatan lebih besar dibandingkan dengan nilai kelemahan. Sedangkan pada EFE nilai peluang lebih besar dibandingkan dengan ancaman. Kelemahan utama dari PT. BesQ Sarana Abadi adalah mesin yang digunakan mesin produksi lama, selain itu juga faktor rejection rate tinggi, pelatihan terhadap operator kurang dan sistem manajemen mutu belum dijalankan Strategi yang disusun untuk meningkatkan daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet berdasarkan SWOT yaitu: (1) Usaha peningkatan jumlah pelanggan (SO1); (2) Penambahan item baru pada pelanggan yang sudah ada (SO2); (3) Pengembangan metode baru (SO3); (4) Pemanfaatan IT dalam komunikasi dengan pelanggan (SO4); (5) Penambahan supplier (ST1); (6) Melakukan monitoring lingkungan (ST2); (7) Pengiriman produk tepat waktu (ST3); (8) Melakukan efisiensi pemakaian listrik (ST4); (9) Menambah modal kerja (WO1); (10) Meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan (WO2); (11) Monitoring Account Receivable (AR) (WO3); (12) Menigktakan kepuasan pelanggan (WO4); (13) Mengurangi material lost pada produksi (WT1); (14) Menurunkan rejection rate produk dalam proses produksi (WT2); (15) Menurunkan rejection rate produk dari supplier (WT3); (16) Mengoptimalkan capaian produktivitas (WT4). Merdasarkan analisis QSPM pada alternatif strategi yang dirumuskan dalam matriks SWOT PT BesQ Sarana Abadi menghasilkan nilai TAS tertinggi untuk strategi 1, yaitu strategi Penambahan jumlah pelanggan (SO1) dengan nilai TAS (5.4). Selanjutnya strategi no. 2 Penambahan item baru pada penggan yang sudah ada (SO2) dengan nilai TAS (5.34), strategi mengoptimalkan capaian produktivitas WT4 dengan nilai TAS (4.85), pengembangan metode baru SO3 dengan nilai TAS (4.8), meningkatkan kompetensi karyawan (WO2) dengan nilai TAS (4.46).id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcSmall Scale Industryid
dc.subject.ddcCompetitivenesid
dc.subject.ddc2018id
dc.titleStrategi Peningkatan Daya Saing Produk Suku Cadang Otomotif dan Elektronik Berbahan Karet di PT BesQ Sarana Abadi.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keyworddaya saingid
dc.subject.keywordstrategiid
dc.subject.keywordsuku cadang berbahan kareid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record