View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Suku Cadang Otomotif dan Elektronik Berbahan Karet di PT BesQ Sarana Abadi.

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (16.96Mb)
      Date
      2018
      Author
      Hanafi, Imron
      Hubeis, Aida Vitalaya S
      Raharja, Sapta
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dalam rangka memacu industri otomotif dan elektronik agar dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan bersaing di era globalisasi, maka pengembangan industri manufaktur tidak hanya bertumpu pada industri berskala besar tetapi perlu dikembangkan ke Usaha Kecil Menengah (UKM). Kendala yang dihadapi saat ini yaitu keterbatasan modal, SDM, pengembangan produk dan kases pemasaran. PT BesQ Sarana Abadi merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak dibidang usaha pembuatan suku cadang berbahan karet. Dalam rangka meningkatkan daya bersaing maka PT BesQ Sarana Abadi maka dilakukan penelitian untuk merumuskan strategi daya saing yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan daya saing produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet; (2) menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektronik berbahan karet dengan metode Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE); (3) menyusun strategi daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet dengan metode Internal External (IE) dan Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) Balance Score Card (BSC); (4) menyusun prioritas strategi untuk meningkatkan daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Secara garis besar yang mempengaruhi daya saing dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu faktor proses produksi, penjualan, dan manajemen. Faktorfaktor perusahaan yang sudah didapat selanjutnya dilakukan evaluasi faktor internal dan eksternal dengan metode EFI dan EFE Dari hasil anaisa didapatkan masih banyak kelemahan dalam perusahaan. Nilai peluang yang tinggi mengakibatkan perusahaan bisa beroperasi dengan dengan kekuatan yang ada. hasil IFE nilai kekuatan lebih besar dibandingkan dengan nilai kelemahan. Sedangkan pada EFE nilai peluang lebih besar dibandingkan dengan ancaman. Kelemahan utama dari PT. BesQ Sarana Abadi adalah mesin yang digunakan mesin produksi lama, selain itu juga faktor rejection rate tinggi, pelatihan terhadap operator kurang dan sistem manajemen mutu belum dijalankan Strategi yang disusun untuk meningkatkan daya saing industri produk suku cadang otomotif dan elektonik berbahan karet berdasarkan SWOT yaitu: (1) Usaha peningkatan jumlah pelanggan (SO1); (2) Penambahan item baru pada pelanggan yang sudah ada (SO2); (3) Pengembangan metode baru (SO3); (4) Pemanfaatan IT dalam komunikasi dengan pelanggan (SO4); (5) Penambahan supplier (ST1); (6) Melakukan monitoring lingkungan (ST2); (7) Pengiriman produk tepat waktu (ST3); (8) Melakukan efisiensi pemakaian listrik (ST4); (9) Menambah modal kerja (WO1); (10) Meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan (WO2); (11) Monitoring Account Receivable (AR) (WO3); (12) Menigktakan kepuasan pelanggan (WO4); (13) Mengurangi material lost pada produksi (WT1); (14) Menurunkan rejection rate produk dalam proses produksi (WT2); (15) Menurunkan rejection rate produk dari supplier (WT3); (16) Mengoptimalkan capaian produktivitas (WT4). Merdasarkan analisis QSPM pada alternatif strategi yang dirumuskan dalam matriks SWOT PT BesQ Sarana Abadi menghasilkan nilai TAS tertinggi untuk strategi 1, yaitu strategi Penambahan jumlah pelanggan (SO1) dengan nilai TAS (5.4). Selanjutnya strategi no. 2 Penambahan item baru pada penggan yang sudah ada (SO2) dengan nilai TAS (5.34), strategi mengoptimalkan capaian produktivitas WT4 dengan nilai TAS (4.85), pengembangan metode baru SO3 dengan nilai TAS (4.8), meningkatkan kompetensi karyawan (WO2) dengan nilai TAS (4.46).
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97030
      Collections
      • MT - Professional Master [807]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository