Analisis Dayasaing Kopra Indonesia dan Olahannya di Pasar Internasional.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu penghasil kopra terbesar di dunia, sebagai
penghasil kopra Indonesia juga memproduksi olahan kopra yaitu Crude Coconut
Oil (CCO) dan CCO olahan seperti minyak goreng dan margarin. Perdagangan
komoditas kopra (HS 1203), CCO (HS 151311) dan CCO olahan (HS 151319) di
pasar internasional dilakukan oleh berbagai negara sehingga terjadi persaingan di
pasar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menganalisis struktur pasar
kopra dan olahan di pasar internasional tahun 2008-2017 menggunakan metode
Herfindahl Index (HI) dan Concentration Ratio (CR4), (b) menganalisis faktorfaktor
yang mempengaruhi nilai ekspor kopra Indonesia dan olahannya di negara
tujuan ekspor menggunakan metode OLS dan (c) menganalisis dayasaing
komoditas kopra Indonesia dan olahannya di pasar internasional menggunakan
metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan posisi eksportir kopra dengan
metode Export Product Dynamic (EPD). Hasil analisis struktur pasar menunjukkan
struktur pasar kopra di pasar internasional adalah monopolistik, struktur pasar CCO
adalah oligopoli murni dan CCO olahan adalah oligopoli terdiferensiasi. Hasil
analisis OLS menunjukkan bahwa variabel harga ekspor kopra bersifat signifikan
terhadap nilai ekspor kopra Indonesia, variabel jarak ekonomi negara tujuan ekspor
bersifat signifikan terhadap nilai ekspor CCO Indonesia dan variabel harga ekspor
CCO olahan bersifat signifikan terhadap nilai ekspor CCO olahan Indonesia di
pasar internasional. Komoditas kopra, CCO dan CCO olahan Indonesia memiliki
dayasaing di pasar internasional karena memiliki nilai RCA>1 akan tetapi posisi
pasar Indonesia berada pada posisi retreat sehingga apabila Indonesia tidak dapat
meningkatkan posisinya maka Indonesia dapat terdorong keluar dari perdagangan
kopra dan olahan di pasar internasional.