Penerapan Structural Equation Modelling-Partial Least Squares untuk Mengevaluasi Hubungan Antara Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan Prestasi Akademik
View/ Open
Date
2018Author
Aprilia, Puspitasari
Susetyo, Budi
Kurnia, Anang
Metadata
Show full item recordAbstract
Structural Equation Modelling (SEM) merupakan salah satu teknik analisis peubah ganda yang menggabungkan teknik analisis faktor dan analisis regresi dimana memungkinkan peneliti untuk memeriksa hubungan antara indikator dengan peubah laten serta antara peubah laten. Partial Least Squares (PLS) merupakan salah satu pendekatan SEM yang powerfull karena dapat diterapkan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran contoh tidak harus besar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan hasil akreditasi dari 1915 sekolah/madrasah. Hasil model struktural yang terbentuk sudah cukup baik menggambarkan pola hubungan pada delapan standar nasional pendidikan (R-square > 0.4) dan lemah pada peubah laten prestasi akademik (R-square = 0.027). Peubah laten standar nasional pendidikan (SNP) yang signifikan mempengaruhi peubah laten prestasi akademik ialah standar pembiayaaan (SB).