Peran Intensi Turnover dan Komitmen terhadap Kinerja Karyawan GroupM Indonesia.
View/ Open
Date
2018Author
Andriyadi, Aria
Sukmawati, Anggrani
Syafitri, Utami Dyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Karyawan adalah faktor kunci keberhasilan perusahaan sehingga
diperlukan komitmen perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan.
Loyalitas karyawan akan muncul seiring munculnya komitmen karyawan terhadap
perusahaan. Karyawan yang berkomitmen tinggi akan mendorong karyawan untuk
melakukan pekerjaannya lebih dari ekspektasi perusahaan. Oleh karena itu,
manajemen dalam perusahaan harus mulai menganalisis seperti apa cara yang
paling tepat untuk mendorong komitmen karyawan sehingga mereka ikut serta
dalam membuat kesuksesan bersama. Komitmen yang tinggi diharapkan
berpengaruh negatif terhadap turnover dalam rangka mempertahankan karyawan
yang bertalenta baik. Komitmen yang tinggi akan membuat rasa keinginan
karyawan untuk keluar dari perusahaan tersebut atau yang biasa disebut dengan
intensi turnover semakin kecil dan kinerja karyawan semakin tinggi terutama di
perusahaan jasa yang modal utamanya adalah sumber daya manusia.
GroupM merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang media
periklanan. Berkembangnya industri kreatif media dan meningkatnya persaingan
di industri tersebut menuntut perusahaan untuk terus bergerak maju salah satunya
dalam hal sumberdaya manusia. Kondisi yang justru terjadi adalah tingkat
turnover yang cukup tinggi. Informasi mengenai intensi turnover sangat
diperlukan oleh manajerial dalam memberikan langkah-langkah strategis. Selain
itu, kondisi tersebut menuntut perusahaan sebagai organisasi harus merespon
dengan cepat untuk menangani efek negatif tingginya turnover. Oleh sebab itu
dari beberapa faktor di atas, peneliti mencoba menganalisis pengaruh antara
intensi turnover, komitmen dan kinerja karyawan. Peneliti berharap hasil
penelitian ini dapat memberikan saran terhadap GroupM dan perusahaan sebidang
untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki yang berdampak positif
terhadap performa perusahaan. Indo
Penelitian ini menggunakan persepsi responden dalam menilai diri mereka
sendiri terhadap variabel-variabel yang diteliti. Responden adalah karyawan
GroupM yang memiliki berbagai macam latar belakang. Pengambilan sampling
responden dilakukan secara proportionate stratified random sampling. Data di
analisis menggunakan SEM PLS untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ntensi turnover memiliki arah hubungan
negatif terhadap kinerja karyawan dan komitmen meskipun tidak signifikan.
Fenomena tersebut bisa saja terjadi karena tarik-ulur untuk mendapatkan talenta
yang baik di industri ini semakin terbuka sehingga para karyawan sadar harus
menciptakan kesan positif bagi perusahaan yang ditinggalkan ataupun perusahaan
tujuanya nanti. Komitmen menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja
karyawan.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]