Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gaya Belanja Daring Mahasiswi Institut Pertanian Bogor Dramaga (Studi Kasus Mahasiswi Strata Satu Angkatan 51-54)
View/ Open
Date
2018Author
Silvia, Norma
Akbar Rizki, Akbar Rizki
Sumertajaya, I Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada zaman modern ini, fenomena baru dalam bidang ekonomi adalah berbelanja secara daring (online). Berbelanja secara daring dapat melalui banyak cara, yaitu melalui marketplace, official web, media sosial dan melalui jasa titip. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswi untuk berbelanja daring. Penelitian ini menggunakan data survei terhadap gaya belanja mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga. Teknik pengambilan contoh menggunakan penarikan contoh acak berlapis dengan fakultas sebagai strata. Data dianalisis dengan analisis regresi logistik multinomial dengan pilihan gaya belanja daring yang digunakan sebagai peubah respon. Hasil survei menunjukkan bahwa masih terdapat 6% mahasiswi yang belum pernah berbelanja secara daring. Alasan terbanyak mahasiswi tidak pernah berbelanja daring adalah ragu terhadap kualitas barang dan tidak praktis. Alasan terbanyak mahasiswi berbelanja secara daring adalah menghemat waktu. Gaya belanja daring yang paling banyak diminati adalah melalui marketplace dan media sosial. Marketplace yang paling sering dipakai adalah Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Media Sosial yang sering dipakai adalah Instagram. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pilihan mahasiswi dalam melakukan belanja secara daring melalui marketplace dan media sosial adalah kepercayaan dan kenyamanan.