Analisis Daya Dukung dan Penurunan Pondasi Tiang Bor Jembatan Tol Jakarta Outer Ring Road 2.
Abstract
Pondasi merupakan bagian dari struktur bawah yang berfungsi untuk
memikul dan menyalurkan beban dari struktur atas ke lapisan tanah keras. Salah
satu pondasi dalam yang sering digunakan adalah pondasi tiang bor. Analisis daya
dukung pondasi merupakan hal yang penting dilakukan dalam perancangan
pondasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dukung pondasi dengan
melakukan perhitungan empiris berdasarkan korelasi dengan data hasil uji Penetrasi
Standar (SPT) serta permodelan dengan LPile untuk menganalisis daya dukung
lateral dan permodelan dengan PLAXIS 2D untuk analisis penurunan. Berdasarkan
hasil analisis dengan perhitungan manual kapasitas daya dukung ultimate pondasi
tiang bor tunggal (Qult) sebesar 5751.80 kN dan daya dukung izin (Qizin) sebesar
2875.88 kN. Maka daya dukung ultimate tiang bor kelompok (Qg) sebesar 37631.85
kN dan daya dukung izin (Qgizin) sebesar 18815.92 kN. Penurunan tiang bor
kelompok hasil perhitungan sebesar 28.81 mm. Nilai daya dukung lateral sebesar
801.48 kN dan terjadi penurunan sebesar 35.11 mm. Penurunan hasil perhitungan
empiris dan PLAXIS 2D tidak melebihi penurunan yang diizinkan (100 mm).