dc.description.abstract | Kontribusi alumni merupakan salah satu faktor penting yang menunjukkan
keberhasilan mengelola merek (branding) sebagai bagian strategis dari pemasaran
fakultas. Secara teoritis, kontribusi alumni dipengaruhi oleh identifikasi alumni
terhadap fakultas. Penelitian ini memprediksi secara empiris model identifikasi
fakultas terhadap berbagai kontribusi alumni pada fakultasnya. Identifikasi fakultas
dan kontribusi alumni merupakan peubah laten yang tidak dapat diukur secara
langsung, sehingga analisis data penelitian ini dilakukan dengan menerapkan
Structural Equation Model (SEM). Partial Least Square (PLS) adalah pendekatan
pada SEM yang tidak memerlukan asumsi sebaran data dan jumlah minimal amatan
yang disebut dengan SEM-PLS. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling dan volunteer sampling. Target responden adalah alumni dari FMIPA,
Fateta, dan Fahutan. Tujuan penelitian ini adalah melihat apakah identifikasi
fakultas berpengaruh terhadap kontribusi alumni secara umum, dan hasil SEM-PLS
menunjukan bahwa identifikasi fakultas berpengaruh terhadap kontribusi alumni.
Hal ini juga terlihat pada SEM-PLS untuk masing-masing fakultas. Identifikasi
pada tiap fakultas yang berbeda menunjukan cara kontribusi alumni yang berbeda
pula pada tiap fakultasnya. | id |