Show simple item record

dc.contributor.advisorSusetyo, Budi
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made
dc.contributor.authorAlbasia, Muhammad Amirullah Yusuf
dc.date.accessioned2018-10-29T07:36:51Z
dc.date.available2018-10-29T07:36:51Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94458
dc.description.abstractTingkat putus sekolah di Indonesia memiliki persentase yang semakin tinggi ketika jenjang pendidikan semakin tinggi. Persentase melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA di Indonesia berada di angka 77.50%. Banten merupakan salah satu provinsi yang memiliki persentase putus sekolah yang semakin tinggi ketika jenjang pendidikan juga semakin tinggi. Selain itu, Banten merupakan provinsi terendah kedua di Indonesia dalam persentase melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA yaitu 68.92%. Penelitian ini mengkaji peubah penting dan kinerja klasifikasi yang dihasilkan oleh metode pohon klasifikasi dan random forest. Hasil kajian menunjukan bahwa peubah penting dari kedua metode sama yaitu pengeluaran per kapita (X8) dan proporsi anggota rumah tangga berpendidikan kurang dari SMA (X10). Kemudian, berdasarkan nilai AUC yang didapatkan dengan 10-fold cross validation menunjukkan metode random forest lebih baik dibandingkan pohon klasifikasi. Percobaan dengan melihat nilai akurasi, sensitivitas, dan spesifisitas pada beberapa nilai cuts off juga menunjukkan bahwa random forest dapat memberi kinerja prediksi yang lebih optimal dibandingkan pohon klasifikasi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcClassificationid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBantenid
dc.titleKlasifikasi Keberhasilan Melanjutkan Pendidikan Jenjang SMA di Provinsi Banten dengan Metode CART dan Random Forest.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAUCid
dc.subject.keywordcuts offid
dc.subject.keywordpohon klasifikasiid
dc.subject.keywordputus sekolahid
dc.subject.keywordrandom forestid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record