Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorAfifah, Aisyah Nur
dc.date.accessioned2018-10-04T01:33:41Z
dc.date.available2018-10-04T01:33:41Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93942
dc.description.abstractPenggunaan internet setiap hari mengalami peningkatan, para pebisnis perlu menyadari akan isu tersebut. Saat ini, banyak pebisnis membuat website, blog, atau membuat akun di facebook, instagram, maupun twitter untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka. Kemajuan ini dianggap sangat berguna untuk digunakan sebagai strategi pemasaran bisnis yang juga dilakukan oleh UMKM. Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia (2016), menyatakan penguasaan teknologi dan inovasi UMKM Indonesia masih lebih rendah dari rata-rata negara ASEAN. Kepemilikan website dan pemanfaatan email pada usaha kecil di Indonesia merupakan yang paling rendah, perusahaan kecil yang memiliki website sendiri hanya 4.2 % sementara yang memanfaatkan email hanya 9.2 %. Bahkan untuk usaha kecil, Malaysia masih lebih unggul dengan persentase 8.5 %, survei UMKM yang dilakukan oleh Korporasi UMKM Malaysia (2014-2016) meliputi 2.176 UMKM menunjukkan bahwa jumlah responden menggunakan internet meningkat secara signifikan, penggunaan media sosial dalam memasarkan produk sebesar 90.1%, promosi dan pemasaran produk dan layanan mereka meningkat 78.2%. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis dari adopsi pemasaran digital oleh UMKM Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia. Pengolahan data dan metode analisis dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, menggunakan SEM dengan pendekatan PLS. Hasil penelitian ini menyatakan faktor yang secara signifikan memengaruhi keberhasilan pemasaran digital adopsi adalah pengetahuan, memiliki pengetahuan tentang penerepannya dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi masa depan bisnis mereka.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcJakartaid
dc.titlePenerapan Digital Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordDigital Marketingid
dc.subject.keywordPengetahuan internetid
dc.subject.keywordMarketingid
dc.subject.keywordUMKM sektor kreatifid
dc.subject.keywordUMKM Indonesia dan Malaysiaid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record