View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Penerapan Digital Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (13.86Mb)
      Date
      2018
      Author
      Afifah, Aisyah Nur
      Najib, Mukhamad
      Sarma, Ma'mun
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penggunaan internet setiap hari mengalami peningkatan, para pebisnis perlu menyadari akan isu tersebut. Saat ini, banyak pebisnis membuat website, blog, atau membuat akun di facebook, instagram, maupun twitter untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka. Kemajuan ini dianggap sangat berguna untuk digunakan sebagai strategi pemasaran bisnis yang juga dilakukan oleh UMKM. Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia (2016), menyatakan penguasaan teknologi dan inovasi UMKM Indonesia masih lebih rendah dari rata-rata negara ASEAN. Kepemilikan website dan pemanfaatan email pada usaha kecil di Indonesia merupakan yang paling rendah, perusahaan kecil yang memiliki website sendiri hanya 4.2 % sementara yang memanfaatkan email hanya 9.2 %. Bahkan untuk usaha kecil, Malaysia masih lebih unggul dengan persentase 8.5 %, survei UMKM yang dilakukan oleh Korporasi UMKM Malaysia (2014-2016) meliputi 2.176 UMKM menunjukkan bahwa jumlah responden menggunakan internet meningkat secara signifikan, penggunaan media sosial dalam memasarkan produk sebesar 90.1%, promosi dan pemasaran produk dan layanan mereka meningkat 78.2%. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis dari adopsi pemasaran digital oleh UMKM Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia. Pengolahan data dan metode analisis dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, menggunakan SEM dengan pendekatan PLS. Hasil penelitian ini menyatakan faktor yang secara signifikan memengaruhi keberhasilan pemasaran digital adopsi adalah pengetahuan, memiliki pengetahuan tentang penerepannya dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi masa depan bisnis mereka.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93942
      Collections
      • MT - Economic and Management [3183]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository