Penerapan Digital Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia
View/ Open
Date
2018Author
Afifah, Aisyah Nur
Najib, Mukhamad
Sarma, Ma'mun
Metadata
Show full item recordAbstract
Penggunaan internet setiap hari mengalami peningkatan, para pebisnis
perlu menyadari akan isu tersebut. Saat ini, banyak pebisnis membuat website,
blog, atau membuat akun di facebook, instagram, maupun twitter untuk
memasarkan atau mempromosikan produk mereka. Kemajuan ini dianggap sangat
berguna untuk digunakan sebagai strategi pemasaran bisnis yang juga dilakukan
oleh UMKM. Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia (2016),
menyatakan penguasaan teknologi dan inovasi UMKM Indonesia masih lebih
rendah dari rata-rata negara ASEAN. Kepemilikan website dan pemanfaatan email
pada usaha kecil di Indonesia merupakan yang paling rendah, perusahaan kecil
yang memiliki website sendiri hanya 4.2 % sementara yang memanfaatkan email
hanya 9.2 %. Bahkan untuk usaha kecil, Malaysia masih lebih unggul dengan
persentase 8.5 %, survei UMKM yang dilakukan oleh Korporasi UMKM
Malaysia (2014-2016) meliputi 2.176 UMKM menunjukkan bahwa jumlah
responden menggunakan internet meningkat secara signifikan, penggunaan media
sosial dalam memasarkan produk sebesar 90.1%, promosi dan pemasaran produk
dan layanan mereka meningkat 78.2%.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi
keberhasilan bisnis dari adopsi pemasaran digital oleh UMKM Sektor Kreatif di
Indonesia dan Malaysia. Pengolahan data dan metode analisis dalam penelitian ini
adalah Analisis Deskriptif, menggunakan SEM dengan pendekatan PLS.
Hasil penelitian ini menyatakan faktor yang secara signifikan
memengaruhi keberhasilan pemasaran digital adopsi adalah pengetahuan,
memiliki pengetahuan tentang penerepannya dapat memberikan lebih banyak
manfaat bagi masa depan bisnis mereka.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]