dc.description.abstract | Pisang merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan memiliki
potensi yang bagus dalam perdagangan internasional. Negara mitra dagang utama
adalah China, Jepang, Kuwait, Malaysia, Arab Saudi, Singapura, dan Uni Emirat
Arab. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis posisi daya saing dan faktorfaktor
yang memengaruhi ekspor pisang Indonesia. Metode analisis RCA dan
EPD digunakan untuk mengetahui posisi daya saing pisang dan metode data panel
dengan gravity model untuk faktor-faktor yang memengaruhi nilai ekspor pisang
Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa pisang Indonesia memiliki
keunggulan daya saing di atas rata-rata dunia namun masih tertinggal dari
pesaingnya yaitu Filipina. Hasil analisis dengan gravity model menunjukkan
faktor-faktor yang memengaruhi ekspor pisang Indonesia ke negara tujuan adalah
PDB perkapita negara tujuan, jarak ekonomi, produksi pisang Indonesia, dan
harga ekspor pisang Indonesia. Strategi untuk meningkatkan daya saing seperti
peningkatan penanganan dalam proses produksi, peningkatan jumlah produksi
pisang, serta promosi pisang Indonesia sangat diperlukan. | id |