Pemodelan Loyalitas Konsumen Susu Pertumbuhan dalam Mengikuti Program Rewards Menggunakan Metode Random Forest dan Neural Network.
View/ Open
Date
2018Author
Pratiwi, Ayunda
Notodiputro, Khairil Anwar
Wijayanto, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan bisnis di Indonesia yang semakin kompetitif menjadi alasan perusahaaan untuk membuat strategi dalam mempertahankan konsumennya, salah satunya dengan bantuan program loyalitas. Fakta menunjukkan bahwa pada salah satu program rewards perusahaan nutrisi, 37.62% member yang terdaftar telah meninggalkan program atau biasa disebut dengan istilah churn. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dibuat suatu model klasifikasi loyalitas member berdasarkan profil dan aktivitasnya dalam program selama masa prediksi. Model klasifikasi dibangun pada dua merek terbesar dengan metode random forest dan neural network. Kedua metode tersebut dievaluasi dan dibandingkan berdasarkan kurva ROC (Relative Operating Characteristics) dengan melihat nilai area under curve (AUC). Kinerja dari kedua metode tersebut tidak berbeda nyata, namun metode neural network menghasilkan nilai AUC yang lebih besar, baik pada pemodelan merek A maupun merek B.