Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Maya Berbasis Cardboard
Abstract
Realitas maya memerlukan mekanisme interaksi yang menggerakkan
pengguna di dunia (locomotion). Hingga saat ini sudah banyak aplikasi realitas
maya yang dikembangkan, seperti pada bidang permainan, kesehatan, dan navigasi.
Penelitian ini berfokus menemukan masalah usabilitas locomotion pada aplikasi
realitas maya. Aspek tersebut dievaluasi dengan beberapa locomotion yang berbeda
terhadap tiga aplikasi permainan. Analisis ini dilakukan untuk mendapatkan
ringkasan informasi berupa locomotion yang menjadi masalah pada ketiga aplikasi
realitas maya. Hasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing responden
memiliki perbedaan kriteria pergerakan sistem yang efektif. Locomotion dengan
tingkat kesulitan pergerakan yang berbeda akan berpengaruh pada masalah
usabilitas dan memiliki efek samping yang berbeda. Locomotion movement 1:1
memiliki nilai modus tingkat ketidaknyamanan yang tinggi dengan skor 3,
pengguna merasa sakit dan mengalami efek samping. Locomotion rail movement
dan head tracking movement memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi sehingga
pengguna tidak merasa sakit dan tidak mengalami efek samping.
Collections
- UT - Computer Science [2322]