Show simple item record

dc.contributor.advisorHidayat, Aceng
dc.contributor.authorFerdani, Oktavia Tirta
dc.date.accessioned2018-08-29T02:55:24Z
dc.date.available2018-08-29T02:55:24Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93178
dc.description.abstractKota Bogor merupakan salah satu kota besar penyangga Ibu Kota Jakarta, hal tersebut menyebabkan peningkatan jumlah penduduk serta mobilitas penduduk di kota ini. Peningkatan jumlah penduduk di Kota Bogor berdampak pada peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan bermotor yang mendominasi Kota Bogor adalah sepeda motor. Peningkatan jumlah sepeda motor menyebabkan kepadatan lalu lintas. Perubahan kebiasaan berkendara ke transportasi umum perlu dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Bus Trans Pakuan merupakan salah satu transportasi umum di Kota Bogor yang dapat menjadi pilihan untuk merubah perilaku berkendara pengendara sepeda motor. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengestimasi total beban pencemaran yang dihasilkan sepeda motor di Kota Bogor, (2) menganalisis persepsi pengendara sepeda motor di Kota Bogor terhadap pencemaran udara akibat emisi sepeda motor dan dampaknya, (3) mengestimasi besaran Willingness to Pay (WTP) pengendara sepeda motor terhadap Bus Trans Pakuan di Kota Bogor, dan (4) mengidentifikasi atribut pelayanan yang penting dan mempengaruhi kepuasan pengendara sepeda motor terhadap Bus Trans Pakuan. Penelitian ini dilanalisis dengan menggunakan metode perhitungan kuantitatif, skala likert, Contingent Valuation Method (CVM), Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Total beban pencemaran sepeda motor di Kota Bogor sebesar 96.502,01 ton/tahun sehingga menimbulkan kerugian sebesar Rp. 4.376.480.462/tahun. Persepsi terkait emisi dan dampaknya didapatkan kesimpulan rata-rata setuju dengan pernyataan yang diberikan. Besar willingness to pay pengendara sepeda motor terhadap Bus Trans Pakuan adalah sebesar Rp. 1.530. Nilai CSI Bus Trans Pakuan adalah 59,02% atau 0,59 yang artinya berada pada rentang “Cukup Puas”, pengendara sepeda motor yang juga merupakan pengguna Bus Trans Pakuan merasa cukup puas dengan atribut-atribut pada Bus Trans Pakuan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcEnvironmental economicsid
dc.subject.ddcPollutionid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan dan Kesediaan Membayar Pengendara Sepeda Motor di Kota Bogor terhadap Bus Trans Pakuanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBus Trans Pakuanid
dc.subject.keywordCustomer Satisfaction Index (CSI)id
dc.subject.keywordImportance Performance Analysis (IPA)id
dc.subject.keywordSepeda motorid
dc.subject.keywordWillingness to Pay (WTP)id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record