Analisis Kepuasan Pengguna Fasilitas Trotoar Seputar Kebun Raya Bogor.
View/ Open
Date
2018Author
Handayani, Ni Made Maylanie Dwi
Syafitri, Utami Dyah
Alamudi, Aam
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemerintah Kota Bogor ingin menjadikan Kota Bogor sebagai “Kota
Sejuta Taman”. Berbagai terobosan kebijakan telah dilakukan, diantaranya
penataan jalur melalui program sistem satu arah (SSA), penataan taman dan
penataan trotoar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
kepuasan responden, dan tingkat kepentingan atribut-atribut yang berkaitan
dengan kenyamanan pengguna trotoar di seputar Kebun Raya Bogor. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui
survei pengguna trotoar di seputar Kebun Raya Bogor pada bulan Agustus tahun
2017. Metode analisis yang digunakan dalam kajian ini yaitu analisis Customer
Saticfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Berdasarkan metode analisis CSI, nilai tingkat kepuasan responden secara
keseluruhan untuk semua atribut sebesar 74.64 persen. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden terhadap berbagai atribut di
trotoar seputar Kebun Raya Bogor termasuk dalam kategori memuaskan. Dari
hasil metode analisis IPA, atribut yang masuk dalam kuadran I (tingkat
kepentingan tinggi dan tingkat kepuasan rendah) yaitu keamanan bagi pejalan
kaki, rambu-rambu lalu lintas, dan lampu-lampu jalan. Atribut prioritas utama
untuk diperbaiki. Sedangkan atribut yang termasuk dalam kuadran II (tingkat
kepuasan tinggi dan tingkat kepentingan tinggi) yaitu tempat pembuangan
sampah, Dengan kata lain tempat pembuangan sampah perlu dipertahankan atau
ditingkatkan.