Show simple item record

dc.contributor.advisorSilalahi, Bib Paruhum
dc.contributor.advisorBukhari, Fahren
dc.contributor.authorLalang, Damaris
dc.date.accessioned2018-06-26T04:02:44Z
dc.date.available2018-06-26T04:02:44Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92311
dc.description.abstractKegiatan pendistribusian adalah kegiatan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan. Dalam proses distribusi, semua perusahaan mengharapkan agar dapat meminimumkan biaya pendistribusian. Kendala yang sering dihadapi dalam pendistribusian barang ialah penentuan rute yang harus dilewati oleh kendaraan pengirim barang tersebut. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan distribusi, salah satunya dengan menggunakan jasa pengemudi sesekali. Dalam penentuan rute, setiap perusahaan memiliki kendala yang berbeda-beda, seperti jumlah kendaraan yang digunakan, kapasitas kendaraan, permintaan konsumen, jarak antar konsumen, dan ada juga kasus dimana konsumen ingin dilayani sesuai dengan time windows yang dimilikinya. Masalah penentuan rute yang optimal dapat diselesaikan dengan model dalam optimasi yaitu Vehicle Routing Problem (VRP). VRP ini merupakan suatu pemodelan dalam optimasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan rute pendistribusian. Selain mengoptimalkan rute pendistribusian, penggunaan kendaraan milik pengemudi sesekali dalam proses pendistribusian juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam meminimumkan biaya pendistribusian. Pengemudi sesekali yang dimaksud dalam karya ilmiah ini adalah orang biasa bukan perusahaan pengiriman barang, tetapi mereka adalah masyarakat yang memiliki kendaraan dan tidak sepenuhnya digunakan dalam keseharian. Kendaraan tersebut akan digunakan oleh perusahaan dalam proses pendistribusian. Pengemudi sesekali akan mendapatkan biaya imbalan berupa ongkos apabila melakukan pendistribusian. Formulasi masalah pendistribusian dalam model VRP time windows (VRPTW) dengan pengemudi sesekali ini merupakan pengembangan dari VRP dengan pengemudi sesekali yang telah dilakukan oleh Archetti (2016). VRP dengan pengemudi sesekali pada penelitian sebelumnya menyelesaikan model tanpa memperhatikan batasan waktu yang dimiliki oleh tiap konsumen, sehingga pada karya ilmiah ini diformulasikan masalah pendistribusian dengan memperhatikan batasan waktu tiap konsumen. Penelitian ini bertujuan memformulasikan masalah pendistribusian pada model VRPTW dengan pengemudi sesekali dalam menentukan rute optimal yang tiap konsumen memiliki batasan waktu dengan menggunakan jasa pengemudi sesekali. Hasil VRP time windows dengan pengemudi sesekali menunjukkan bahwa model ini dapat digunakan untuk meminimalkan biaya pendistribusian.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcMathematicsid
dc.subject.ddcVehicle Routing Problemid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleVehicle Routing Problem Time Windows dengan Pengemudi Sesekaliid
dc.typeThesisid
dc.subject.keyworddistribusi, optimasiid
dc.subject.keywordpengemudi sesekaliid
dc.subject.keywordvehicle routing problemid
dc.subject.keywordvehicle routing problem time windowsid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record