Vehicle Routing Problem Time Windows dengan Pengemudi Sesekali
View/ Open
Date
2018Author
Lalang, Damaris
Silalahi, Bib Paruhum
Bukhari, Fahren
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan pendistribusian adalah kegiatan untuk menyalurkan barang atau
jasa dari produsen ke konsumen. Pendistribusian barang atau jasa merupakan
salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan.
Dalam proses distribusi, semua perusahaan mengharapkan agar dapat
meminimumkan biaya pendistribusian. Kendala yang sering dihadapi dalam
pendistribusian barang ialah penentuan rute yang harus dilewati oleh kendaraan
pengirim barang tersebut.
Banyak strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan
distribusi, salah satunya dengan menggunakan jasa pengemudi sesekali. Dalam
penentuan rute, setiap perusahaan memiliki kendala yang berbeda-beda, seperti
jumlah kendaraan yang digunakan, kapasitas kendaraan, permintaan konsumen,
jarak antar konsumen, dan ada juga kasus dimana konsumen ingin dilayani sesuai
dengan time windows yang dimilikinya.
Masalah penentuan rute yang optimal dapat diselesaikan dengan model
dalam optimasi yaitu Vehicle Routing Problem (VRP). VRP ini merupakan suatu
pemodelan dalam optimasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan rute
pendistribusian. Selain mengoptimalkan rute pendistribusian, penggunaan
kendaraan milik pengemudi sesekali dalam proses pendistribusian juga
diharapkan dapat menjadi solusi dalam meminimumkan biaya pendistribusian.
Pengemudi sesekali yang dimaksud dalam karya ilmiah ini adalah orang biasa
bukan perusahaan pengiriman barang, tetapi mereka adalah masyarakat yang
memiliki kendaraan dan tidak sepenuhnya digunakan dalam keseharian.
Kendaraan tersebut akan digunakan oleh perusahaan dalam proses pendistribusian.
Pengemudi sesekali akan mendapatkan biaya imbalan berupa ongkos apabila
melakukan pendistribusian.
Formulasi masalah pendistribusian dalam model VRP time windows
(VRPTW) dengan pengemudi sesekali ini merupakan pengembangan dari VRP
dengan pengemudi sesekali yang telah dilakukan oleh Archetti (2016). VRP
dengan pengemudi sesekali pada penelitian sebelumnya menyelesaikan model
tanpa memperhatikan batasan waktu yang dimiliki oleh tiap konsumen, sehingga
pada karya ilmiah ini diformulasikan masalah pendistribusian dengan
memperhatikan batasan waktu tiap konsumen.
Penelitian ini bertujuan memformulasikan masalah pendistribusian pada
model VRPTW dengan pengemudi sesekali dalam menentukan rute optimal yang
tiap konsumen memiliki batasan waktu dengan menggunakan jasa pengemudi
sesekali. Hasil VRP time windows dengan pengemudi sesekali menunjukkan
bahwa model ini dapat digunakan untuk meminimalkan biaya pendistribusian.