Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Preferensi Pedagang Pasar Leuwiliang terhadap Fasilitas Pembiayaan pada BMT Khairu Ummah Leuwiliang.
View/ Open
Date
2018Author
Qoriatusadiah
Novianti, Tanti
Ali, Khalifah Muhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Terdapat ketidakadilan pada sistem kerja sama antara nasabah dengan
lembaga keuangan konvensional dalam menjalankan produk-produknya yang
disebabkan adanya sistem bunga yang diterapkan oleh lembaga keuangan
konvensional. Lembaga keuangan syariah merupakan lembaga keuangan yang
menggunakan sistem bagi hasil sebagai salah satu cara untuk mengatasi
ketidakadilan yang terjadi pada sistem kerja sama antara nasabah dengan lembaga
keuangan konvensional. BMT merupakan lembaga keuangan syariah non bank
yang dapat membantu usaha masyarakat untuk mendapatkan tambahan modal
melalui pembiayaan. Pembiayaan tersebut dapat digunakan sebagai modal awal
maupun sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usaha, baik menambah
barang dagangan atau memperluas dan menambah tempat usaha. Penelitian ini
difokuskan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat pedagang
pasar leuwiliang terhadap pembiayaan BMT Khairu Ummah Leuwiliang. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Logistik dengan variabel
pengetahuan, lokasi, pelayanan, fasilitas, promosi, dan kepercayaan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, kepercayaan, dan lokasi
berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang pasar leuwiliang pada
pembiayaan di BMT Khairu Ummah.